Thursday 3 September 2015

ILMU IKHLAS ; DEFINISI, PENYEBAB DAN CARA MENJADI HAMBA YANG IKHLAS

Ikhlas mudah diucapkan tetapi praktiknya sangat sulit dilakukan karena banyak celah-celah penyebab ketidak ikhlas-an. Bila manusia akan berbuat amal soleh maka setan berusaha membujuk untuk menunda-nunda-nya. Bila tidak berhasil maka setan berusaha menghancurkan amal soleh tersebut dengan membelokkan niat dalam beramal.


Ikhlas adalah melupakan perhatian terhadap makhluk karena selalu memandang Sang Kholik.

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus.' (Al Bayyinah : 5)

Beramal karena ingin pahala, ingin surga dan takut neraka termasuk  ikhlas. Karena semua itu adalah janji Allah bagi orang yang beramal soleh diberi pahala, masuk surga dan dijauhkan dari neraka.

PENYEBAB TIDAK IKHLAS


Tipu daya setan itu sangat lemah akan tetapi setan tidak pernah putus asa menggoda anak Adam, maka dicari kelemahan manusia dan ditemukan kelemahan manusia adalah hawa nafsu. Dengan kendaraan hawa nafsu ini setan dengan mudah mencari celah-celah hati untuk merusak amal manusia. Adapun yang disukai hawa nafsu antara lain harta, tahta (penghormatan) dan wanita. 

Dari hawa nafsu ini muncul penyakit-penyakit tidak ikhlas antara lain

1. Riya' yaitu beramal ingin dilihat orang.
Contoh seorang pemuda sedang sholat dibelakang ada wanita cantik maka dia membagus-baguskan sholatnya

2. Sum'ah yaitu beramal kemudian memperdengarkan kepada orang lain.
Contoh. seorang pulang umrah untuk meningkatkan status (kehormatannya) ia menshare foto foto umrah-nya di sosial media.

3. Ujub yaitu bangga dengan dirinya karena telah beramal.
Contoh. seorang rajin puasa senin kamis kemudian dalam hati bilang ' kayak-nya di kantor ini saya yang paling rajin puasa, imannya seperti apa teman-temanku ini ?'

CARA MENJADI HAMBA YANG IKHLAS

1. Menambah ilmu dan iman kepada Allah.
Menambah ilmu tentang sifat-sifat Allah agar semakin mencintai Allah dan sadar kita adalah seorang hamba/ budak yang harus mengabdi kepada Allah semata.

2. Berdoa kepada Allah supaya menjadi orang yang ikhlas
Karena syirik kecil (riya') lebih lembut dari langkah semut diatas batu hitam di malam hari. Maka kita harus selalu memohon pertolongan kepada Allah supaya menjadi orang yang ikhlas.

3. Mengetahui kehinaan dunia
Menurut Rasulullah dunia ini lebih hina dari pada bangkai kambing yang cacat.

4. Mengetahui ancaman bagi orang-orang yang tidak ikhlas di dunia dan  di akhirat
Tiga golongan yang pertama-tama akan disiksa di api neraka yaitu qori' Al Qur'an, mujahid dan orang yang menshadaqahkan hartanya karena mereka melakukan agar di sebut si fulan qori' , si fulan pemberani dan si fulan dermawan yang amal mereka tidak ikhlas karena Allah.

5.. Menyembunyikan amal sunnah 
Rasulullah memerintahkan shodaqoh sembunyi-sembunyi sampai-sampai diibaratkan tangan kirinya tidak melihat.

6. Memeriksa hati ketika mulai beramal, ditengah-tengah beramal dan setelah beramal
Sebelum beramal periksa niat dan luruskan niat, ketika beramal bila ada godaan-godaan setan yang akan membelokkan niat maka segera dihalau dan sesudah beramal tidak sum'ah (menceritakan amal) yang akan menghapus pahala amal.

PENUTUP

Ikhlas adalah rahasia Allah, kita tidak tahu apakah kita sudah ikhlas atau belum bahkan menurut ulama' malaikat pencatat amal juga tidak tahu apakah amal kita ikhlas atau tidak. Sehingga kita tidak bisa mengatakan diri kita ikhlas orang lain tidak ikhlas. Kewajiban kita berusaha ikhlas dan takut menjadi orang yang tidak ikhlas.

SILAHKAN DISHARE 

0 komentar:

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com